banner 728x250
Berita  

Agenda Tahunan HUT RI, PAC PP Stabat Gelar Lomba Sampan Tradisional

Kemeriahan lomba sampan tradisional di Sei Wampu pada momen HUT RI ke-79.
banner 120x600
banner 468x60

Stabat – Pengurus Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) Kecamatan Stabat menggelar pesta rakyat Lomba Sampan Tradisional di Sei Wampu, Sabtu (17/8/2024) siang. Kompetisi ini, digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79, bersama warga sekitar serta Calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin dan Tiorita Br Surbakti.

Panitia lomba sampan tradisional dan tokoh masyarakat Langkat di HUT RI ke-79.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan PAC PP Stabat, untuk menghibur warga sekitar dalam momen Hari Kemerdekaan RI. Ribuan warga yang hadir, sangat antusias menyaksikan perlombaan, yang diikuti oleh para pedayung sampan itu.

banner 325x300

Tradisi Turun Temurun

“Tadi pesertanya dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap sampannya, terdiri dari beberapa orang. Kita melakukan kegiatan seperti ini, dalam rangka memeringati HUT RI. Ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan,” tutur Ketua PAC PP Stabat Riki Sapariza SE.

Meskipun sempat kesulitan mengayuh sampannya, namun peserta lomba tetap semangat untuk mencapai garis finis. Begitupun, tak sedikitpun semangat para peserta mengendur. Mereka saling berlomba di aliran sungai tersebut.

Kemeriahan lomba sampan tradisional di Sei Wampu pada momen HUT RI ke-79.

Dalam momen itu, warga yang hadir melepas kerinduannya untuk menyaksikan pesta rakyat itu. “Dari kakek kami dahulu kegiatan ini sudah dilakukan. Tradisi ini harus kita jaga dan lestarikan. Selain lomba sampan, kita juga menggelar panjat pinang dan perlombaan lainnya,” kata pria ramah ini.

Kembangkan Budaya Lestari

Sesuai dengan tradisi, bagi pemenang lomba sampan nantinya akan mendapatkan hadiah berupa bahan pangan. Trofi dan uang tunai juga diberikan panitia, kepada pemenang yang sudah sekuat tenaga mencapai garis finish.

Tokoh pemuda Stabat ini menambahkan, kegiatan itu juga dihadiri oleh Calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin SH dan Tiorita Br Surbakti, Camat, Kapolsek dan Danramil Stabat, serta tokoh masyarakat lainnya. “Mari bersama kita kembangkan budaya lestari dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Langkat, khususnya di Kecamatan Stabat,” ujarnya. (Ahmad)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!