banner 728x250

PMI Binjai Latih Warga Desa Tanjung Ibus Tehnik Bantuan Hidup Dasar

Staf PMI Kota Binjai Dony Lubis memberikan pengarahan kepada peserta.
banner 120x600
banner 468x60

Bukit Lawang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Binjai memberi pelatihan bantuan hidup dasar kepada warga Desa Tanjung Ibus, Kecamatan Secanggang, Langkat, Sabtu (10/82024). Kegiatan yang dilaksanakan di Guest House Resto Brown Bamboo Bukit Lawang ini, diikuti belasan peserta yang terdiri dari perangkat desa.

Kepala Desa Samperaya, Kecamtan Bahorok, Bahagia Ginting menyampaikan, agar peserta tetap bersemangat untuk belajar. Karena, tuntutan untuk belajar tidak terikat dengan batas usia.

banner 325x300

“Dari sisi usia, wajarlah kita ini sulit untuk belajar. Tapi yang namanya belajar, tak mengenal usia. Bahkan, sampai akhir hayat kita harus tetap belajar. Teruslah bersemangat untuk menimba ilmu, agar bisa memberikan manfaat di tengah masyarkat,” kata owner Guest House Resto Bamboo ini.

Pada kesempatan ini, Aliandi Syahputra, warga Desa Tanjung Ibus mengatakan, bencana adalah sesuatu yang menimbulkan korban dan kerugian. Termasuk musibah kesehatan dan perang juga termasuk bencana.

Korban Bencana

“Pada kesempatan kali ini, 3D Company akan memberikan pelatihan tentang pertolongan pertama kepada korban bencana. Apa yang disampaikan nara sumber nantinya, semoga bisa diterapkan di lingkungan sekitar kita,” tutur Aliandi.

Perangkat Desa Tanjung Ibus mengikuti pelatihan tehnik bantuan dasar hidup di Bukit Lawang.

Staf PMI Kota Binjai Dony Lubis memberikan pelatihan tentang pertolongan bagi korban bencana. Seperti korban yang mengalami pingsan, patah tulang, perdarahan, dan henti nafas.

“Kami memberikan pelatihan bantuan hidup dasar kepada perangkat Desa Tanjung Ibus. Ini masih kita sampaikan tehnik pijatan jantung terhadap korban henti nafas. Termasuk pembalutan kepada korban perdarahan dan proses perdarahan di kepala,” ujar Dony.

Rajin Berlatih

Hal itu, kata pria ramah ini, merupakan tindakan pertolongan pertama pada korban kecelakaan yang terjadi di lingkungan sekitar. Mengingat, PMI kerap diundang untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga maupun korporasi.

“Antusias perangkat Desa Tanjung Ibus ini sangat luar biasa. Tanya jawab seluruhnya pun dilakukan dengan semangat. Saya berpesan, agar rajin berlatih. Jika butuh konsultasi, jangan segan-segan untuk bertanya kepada kami di PMI,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, PMI Kota Binjai juga memberikan pelatihan penanganan kepada korban patah tulang. Juga tehnik mengangkat korban dengan tandu dan peralatan sederhana lainnya untuk mengevakuasi korban. (Ahmad)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!